Jumat, 31 Oktober 2008

UTS

Bagaimana teknik pengunaan media pembelajaran berdasarkan tempat ?

Menggunakan Media Berdasarkan Tempat

1. Penggunaan media di kelas: tehnik ini media dimanfaatkan untuk menujang tercapainya tujuan tertentu dan penggunaannya dipadukan dengan proses KBM di kelas.

2. Penggunaan media di luar kelas: ada penggunaan media tidak terprogram (dapat terjadi di masyarakat luas) seperti penggunaan kaset pelajaran bahasa Inggris dan penggunaan siaran radio untuk pendidikan. Ada pula yang terprogram (digunakan dalam satu rangkaian yang sistematik) seperti penggunaan radio di SLTP terbuka dan penggunaan E-Learning di beberapa sekolah di Indonesia

Bagaimana variasi pengunaan media dalam proses pembelajaran ?

Variasi Penggunaan Media

1. Media dapat dipergunakan secara perorangan: media ini biasanya dilengkapi dengai petunjuk penggunaan yang jelas sehingga dapat dipergunakan secara mandiri.

2. Media dapat dipergunakan secara berkelompok: media dirancang untuk digunakan secara berkelompok dan ada buku petunjuknya. Media yang dipergunakan suaranya harus cukup keras, gambar atau tulisannya jelas dan cukup besar, selain itu penyaji memerlukan amplifier.

3. Media yang dipergunakan secara massal: media yang dirancang seperti ini biasanya disiarkan melalui pemancar, digunakan dalam ruang yang besar, bahan memuat tujuan pembelajaran yang akan dicapai, garis besar isi, petunjuk dan tindak lanjut, dan bahan sumber lain.

Apakah komik dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran ? jelaskan kelebihan dan kekurangannya!

Komik adalah bentuk kartun yang menggambarkan karakter yang menerapkan suatu cerita dalan urutan yang erat hubungannya dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada para pembaca.

Karena animo masyarakat terhadap komik tinggi, maka komik dijadikan sebagai media pembelajaran, selain itu kelebihan yang dimilki komik terdapat pada gambar yang cenderung lebih banyak diminati dan menarik untuk dibaca dibandingkan dengan tulisan tanpa gambar. Penyampaian materi lebih mudah dan tidak membosankan. Namun komik juga memiliki kekurangan diantaranya proses pembuatannya yang lebih sulit dan penyampaian materi yang lebih sedikit ( singkat )karena menbutuhkan banyak ruang untuk gambar, selain itu masih sedikitnya kterampilan yang bisa mengolah materi pembelajaran yang sesuai dan tepat agar komik tersebut tetap menarik tanpa terkesan memaksakan sebuah materi untuk dijadikan komik.

Bagaimana menggunakan foto sebagai media pembelajaran ?

Foto merupakan media yang popular sebab cukup praktis, sederhana, mudah di gunakan dan tidak membutuhkan media lain. Penggunaannya untuk tujuan-tujuan pembelajaran yang spesifik. Foto memudahkan penyampaian materi karena membantu menggambarkan keadaan nyata dari materi sifatnya deskriptif, selain itu foto juga membuat pengajaran lebih mudah dan menarik untuk disimak para siswa dibandingkan hanya deskriptif dari pengajar. Namun foto inijuga memiliki kekurangan dimana terlalu kaku dan tidak efektif jika penyampaian tidak sesuai dan menarik oleh karena itu sebelum menggunakan media foto harus diperhatikan fungsi dari foto itu ssendiri.

Mengapa guru perlu memahami penggunaan media pembelajaran ?

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar. Pembelajaran melibatkan dua pihak, yaitu siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Kaitannya bahwa belajar membutuhkan interaksi, hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran merupakan proses komunikasi, artinya didalamnya terjadi proses penyampaian pesan dari seseorang (sumber pesan) kepada seseorang atau sekelompok orang (penerima pesan). Dalam pembelajaran agar semua tujuan da visi dari sekolah tersebut tercapai dibutuhkan inovasi pembelajaran yang dapat membnatu pencapaian target. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan dapt membantu pencapaian tersebut. Inovasi yang dapat dilakukan tentu erat kaitanya dengan pengolahan materi dan penyajian yang menarik bagi siswa sehingga dalam belajar siswa dapat menikmati pelajaran dan memahami pelajaran sesuai yang diharapkan. Media pmbelajaran bertujuan untuk memudahkan dan membantu pengajar dan siswa baik dalam penyampaian materi ataupun pemahaman materi bagi siswa.

Jelaskan landasan psikologis teknologi pembelajaran

Jelaskan arti manusia sebagai sumber belajar

Sebutkan komponen-konponen sumber belajar

a. Manusia

b. Lingkungan

1. Lingkungan social

2. Lingkungan alam

3. Lingkungan buatan

c. Computer

d. Internet

e. Media cetak

f. Critical appraisal ( kritikan yang bersifat membangun )

g. Perpustakaan

h. Buku

i. Televisi

j. Radio

Tidak ada komentar: