Jumat, 31 Oktober 2008

Pendangkalan sungai Ci Tarum


Sungai ci tarum adalah sungai yang terbesar dan terpanjang di daerah Jawa Barat, dan sekarang merupakan salah satu sungai dengan kondisi terburuk, terutama pada bagian sungai yang terletak di daerah industry Majalaya dan sekitarnya, selain rusak karena menjadi pambuangan limbah pabrik, pendangkalan juga terjadi di daerah bagian hilir ( Majalaya ) dimana banyak aktifitas masyarakat yang menggunakan tanah pada dinding sungai untuk industry bata merah ( batu bata ), selain itu dampak dari pendangkalan ini dapat menyebabkan banjir bagi daerah sekitarnya. walaupun telah dilakukan pelurusan sungai nemun debit air pada musim hujan masih bias mengenangi beberapa wilayah disekitar sungai citarum, yang sebagian besar disebabkan oleh pendangkalan yang terjadi pada daerah hulu sungai. Kondisi ini diperparah dengan kualitas air yang tercemari limbah industry, sehingga banyak penyakit muncul ada masyarakat yang tinggal disekitar sungai citarum.

Mendukung materi pembahasan sungai ( hidrosfer ) mengenai akibat dari pendangkalan sungai

Materi bahasan SMA kelas XII/IPS


Pencemaran Sungai

Kawasan Gede Bage merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan daerah industri di Ujung berung, maka tidak mengherankan jika sungai yang mengalir didaerah sekitarnya merupakan tong sampah mengalir yang paling efektif untuk membuang sampah dan limbah Industri, selain limbah Industri sampah rumah tangga juga mengakibatkan kerusakan parah dan bau yang menyengat. Kerusakan lingkungan menjadi sumber penyakit dan sumber masalah bagi masyarakat sekitar namun nampaknya masyarakat itu sendiri sudah tidak menghiraukan akibat berkepanjangan dari pencemaran tersebut hal ini dilihat dari banyaknya sampah rumah tangga yang juga menghiasi sungai yang tercemari limbah pabrik indusri.

Mendukung pokok bahasan Perkembangan industri serta dampak negative dari industri yang tidak berwawasan lingkungan

Materi bahasan SMA kelas XII/IPS


Danau Ciharus


Selain dikenal sebagai kawasan Geothermal kamojang memiliki keindahan alam dibalik pipa-pipa panas yang menghasilkan listrik. Danau Ci harus atau sering juga disebut situ Ci arus (elevasi 1541 ). Danau atau situ ini terletak di perbatasan antara kabupaten Bandung dengan Garut, situ ini merupakan sebuah cekungan alami yang berada di kaki gunung Rakutak dan Geber, sumber mata air yang mengalir melalui batuan-batuan disekitar situ menjadi sumber air yang mengalairi Ciarus, selain memiliki mata air yang jernih dikawasan ini juga masih terdapat satwa liar seperti Babi hutan, dan ular. Lokasinya sendiri dapat ditempuh dari Majalaya dan diteruskan dengan menyusuri pipa-pipa PLTU kamojang.

Mendukung pokok bahasan Hidrosfer, mengenai air darat ( air permukaan)

Materi SMA kelas X smester 2


Geothermal kawasan kamojang


Salah satu sumur panas bumi ( geothermal ) yang teletak di kawasan Kamojang kabupaten Bandung yang menghasilkan energy listrik untuk mensuplai daerah pulau jawa dan sekitarnya. Kawasan geothermal yang berusia 27 tahun ini masih memiliki cadangan energy yang cukup besar untuk menghasilkan energy Listrik, selain memiliki cadangan yang cukup besar kawasan ini juga memiliki pemandangan alam yang indah dan kawasan hutan yang masih lebat yang dijaga baik oleh warga sekitar dan pengelola kawasan Geothermal yang dipegang oleh PT Indonesia Power.

Energi panas bumi adalah energi yang dihasilkan oleh tekanan panas bumi. Energi ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, sebagai salah satu bentuk dari energi terbaharui, tetapi karena panas di suatu lokasi dapat habis, jadi secara teknis dia tidak diperbarui secara mutlak. Sumber energi geothermal merupakan energi yang sangat bersih lingkungan. Prinsip kerjanya seperti mesin uap, dengan memanfaatkan energi panas dari dalam bumi.

Kawah Kamojang, merupakan salah satu dari empat sumber geothermal yang sudah dieksploitasi di Jawa Barat. Jika dilihat dari gunung Guntur, kamojang adalah merupakan bagian dari suatu kelompok gunung yang terdapat di tiga daerah dataran tinggi. Di utara terdapat dataran tinggi Leles, sebelah timur dan selatan adalah Garut. sedangkan bagian barat, terdapat komplek deretan pegunungan yang terdiri dari : - Gunung Kunci - Kawah Kamojang - Gunung Sanggar – Gunung.

Sejarah pemanfaatan energi panas bumi di Kamojang dapat ditelusuri sejak jaman penjajahan Belanda. Sekitar tahun 1918 Belanda mulai memanfaatkan sumber energi panasbumi di daerah kawah Kamojang, Jawa Barat. Hal ini merupakan titik awal sejarah perkembangan panasbumi di Indonesia. Sebagai tahap awal mereka mengebor 3 sumur di daerah kawah Kamojang, yang hingga saat ini masih bisa kita saksikan sisa sumur yang digali mereka. Menarik sekali bagaimana uap dari dalam perut bumi menyembur ke permukaan dengan tekanan dan temperatur tinggi. Semburan uap ini mengeluarkan suara memekakan pendengaran.

Menerangkan pokok bahasan Sumber daya Alam dan pengelolaannya secara arif, dan berwawasan lingkungan

Materi SMA Kelas XI/ IPS smester 1

Tidak ada komentar: